- Visi SMA Negeri 5 Solok Selatan
- Rumusan Visi
Adapun visi dari SMAN 5 Solok Selatan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang “KEREN” (Kompetitif, Eksploratif, Religius, Efektif, dan Nasionalis).
- Indikator Pencapaian Visi
Indikator pencapaian visi SMAN 5 Solok Selatan meliputi:
- Kompetitif ditandai dengan;
- Mengembangkan potensi peserta didik
- Memperoleh prestasi dibidang KSN dan Olimpiade baik tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.
- Menjadikan sekolah yang siap bersaing di Tingkat Nasional melalui hasil Tes SBMPTN di perguruan tinggi favorit
- Eksploratif ditandai dengan
- Megikuti kegiatan-kegiatan keolahragaan, seni, pramuka dan keagamaan baik di tingkat Nasional maupun Internasional.
- Aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan penelitian baik skala nasional maupun internasional.
- Aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan kemampuan dalam bidang teknologi dan informasi.
- Religius, ditandai dengan:
- Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan keislaman seperti forum Rohis, Forum Annisa’, Forum Arrijal, Tahfidz, Tadabur Qur’an dan adanya Kultum Pagi setiap Jumat.
- Pembiasaan peserta didik dalam menjalankan ibadah di kehidupan sehari-hari.
- Mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berbudaya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
- Efektif, ditandai dengan:
- Mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas dengan melibatkan guru yang mampu menciptakan suasana pembelajaran well being.
- Mewujudkan warga sekolah yang adaptif dengan perkembangan iptek pada era revolusi industri 5.0.
- Mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan potensi dan bakat peserta didik.
- Mewujudkan pembelajaran yang memotivasi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
- Nasionalis, ditandai dengan:
- Mewujudkan peserta didik yang cinta dan bangga pada tanah air.
- Mewujudkan peserta didik yang menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
- Membentuk peserta didik yang berkebinekaan global dan mencintai kearifan lokal daerahnya.
- Membentuk peserta didik yang memiliki profil pelajar pancasila
- Membentuk peserta didik yang memiliki disiplin dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.
- Misi SMAN 5 Solok Selatan
Misi SMAN 5 Solok Selatan ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SMAN 5 Solok Selatan tersebut yaitu kompetitif, eksploratif, religius, efektif dan nasionalis. Adapun misi SMAN 5 Solok Selatan sebagai berikut:
- Membangun pembiasaan peserta didik dalam menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari seperti pelaksanaan shalat dhuha dan dzuhur berjama’ah, tadarus Qur’an di awal pembelajaran., kajian keagamaan mingguan dan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun).
Representasi dari:
|
- Visi Religius
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.
|
- Melaksanakan kegiatan yang meningkatkan sikap sosial, kepedulian, nasionalisme, patriotisme dan bangga atas budaya lokal melalui berbagai aktivitas sosial, lingkungan dan budaya melalui kegiatan upacara bendera, gotong royong, kegiatan bakti sosial, kegiatan keminangkabauan “sahari dalam dalam sapakan”, serta kegiatan projek profil pelajar pancasila
Representasi dari:
|
- Visi Nasionalis
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bergotong Royong, dan Berkebinekaan Global”.
|
- Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui kegiatan pengembangan profesi keguruan baik skala lokal, nasional maupun internasional seperti dalam kegiatan bimtek/lokakarya, pendidikan profesi guru dalam jabatan, program guru penggerak, dan program pengembangan lainnya.
Representasi dari:
|
- Visi Efektif
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.
|
- Mengidentifikasi minat dan bakat peserta didik dengan asesmen kognitif dan non kognitif untuk mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi, melalui kegiatan kokurikuler, ekstrakurikuler, dan pengembangan potensi lainnya.
Representasi dari:
|
- Visi Eksploratif
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif”.
|
- Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) yang berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan minat dan bakat peserta didik.
Representasi dari:
|
- Visi Efektif
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.
|
- Meningkatkan kompetensi peserta didik untuk mengikuti berbagai lomba dan kegiatan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan wawasan peserta didik baik pada tingkat provinsi, nasional maupun internasional.
Representasi dari:
|
- Visi Kompetitif
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Bernalar Kritis”.
|